THE EFFECT OF HALAL LABELS OF PACKED FOOD PRODUCTS ON PURCHASE DECISIONS AT A GENERAL STORE IN CIMINCRANG SECTOR BANDUNG

Latifah Adnani, Ida Hindarsah, Trisa Nur Kania

Abstract


Dampak dari globalisasi dan perdagangan bebas semakin meningkatnya peredaran produk makanan dan minuman baik produk lokal maupun impor. Makanan yang beredar perlu memberikan perlindungan keamanan bagi masyarakat. Terutama umat muslim, karena bagi masyarakat muslim makanan dan minuman tidak sekedar enak tetapi harus memenuhi unsur syariat yaitu segi kehalalannya. Sebagaimana diuraikan dalam Al qur an surat An Nahl ayat 114 yang memerintahkan pada manusia (muslim) untuk memakan makanan yang halal dan baik, dua hal yang merupakan kesatuan dimana halal berdasarkan syariat dan baik dari aspek kesehatan, gizi, estetika, keamanan, kenyamanan.

Negara wajib memberikan perlindungan kepada penduduk dalam menjalankan ibadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 29 ayat (2). Umat muslim membutuhkan perlindungan kehalalan produk makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999, menyebutkan bahwa setiap produsen harus secara transparan mencantumkan unsur-unsur makanan yang diproduksi untuk melindungi konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30740/jees.v4i2.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.